salam damai buat semua.... ◦^⌣^◦
" it may be that the Lord will give us help, for there is no limit to his power the Lord is able to give salvation by a great army or by a small band."

Selasa, 10 Januari 2012

"Silsilah Keluargaku dari dulu s/d sekarang "

Di adat batak atau suku batak silsilah keluarga dikenal dengan sebutan tarombo.
Sama halnya dengan keluarga batak lain, keluargaku juga memiliki tarombo yang diwariskan secara turun temurun dari oppung-oppungku terdahulu (sebutan nenek moyang bagi adat batak).
Ayahku menerima sebuah buku yang isinya tentang tarombo keluargaku, aku baru tau di usia yang ke-18 tahun ini. Kata ibuku buku itu sudah ada sebelum Indonesia merdeka (wah sudah lama ya). Tulisan di dalamnya kecil-kecil dan tulisan tegak bersambung. Walau begitu masih jelas untuk dibaca, konon kata ibuku Oppungnya ayahku (kakek ayahku) senang menulis, jadi buku itu adalah buku harian beliau (pantes aku suka nulis nenek moyangku aja suka nulis, kubayangkan kalau dulu udah ada blog pasti beliau nulis di blog juga.... hahahaa)
Oh iya ini nich buku warisan itu,,,


Bisa dilihatkan betapa tuanya buku itu....
 warisan budaya keluargaku yang harus dijaga keasliannya...


Tulisannya rapi dan tersusun bagus...
apik dah.... kren.. salud buat moyangku semoga terwariskan juga kepadaku..amin....

Di dalam buku ini berisi tarombo yakni dari Si Raja Batak sampai ke ayahku (tulisan di dalamnya dilanjutkan oleh kakekku setelah Ayah kakek ku meninggal dunia). Dari sanalah aku dapat mengerti termasuk Marga dan urutan Margaku yang sebenarnya. Hmm mungkin agak bingung, jadi begini setiap marga dalam suku adat batak itu punya nomornya misalnya jika si ayah Marga Lumbantobing dengan nomor 19 maka si anak (baik laki-laki atau perempuan) otomatis menajdi Lumbantobing no 20 begitu seterusnya.
Sejujurnya aku juga kurang mengerti hahaa tapi seperti itulah.
Dari buku itu jelaslah bahwa aku marga Lumbantobing yakni Lumbantobing Ompu Sumuntul no 19.
Seperti pada gambar di bawah ini :


ini urutan silsilah sampai ke kakekku...

Untuk lebih jelasny liat bagan di bawah,,,
ini merupakan bagan dari Si Raja Batak sampai ke Raja Lumbantobing (margaku).....

ini bagan dari margaku Lumbantobing sampe ke jenis Lumbantobingnya,
nah aku Lumbantobing O.Sumuntul boleh diliat ada ditengah...^^


Bagan ini mulai mendekati namaku... 
di sini aku termasuk Keluarga O.Rapot anak Kedua dari Datu Panggana
(kata ibuku  dari sini titik inilah mulai beragama.. agama Kristen masuk ke tanah Batak)
Di dalam buku itu jelas dituliskan siapa-siapa saja keluargaku yang pertama kali dibaptis dan ada yang menjadi pendeta...

ini merupakan bagan terakhir,,
Mulai dari O.Rapot hingga ke namaku dan saudara-saudaraku
Aku berada di kolom yang tulisannya merah yang paling di kolom pertama paling bawah

Jadi bila diurutkan aku termasuk turunan ke-24 dari Si raja Batak (dari buku moyangku) dan turunan ke-19 dari Lumbantobing O.Sumuntul. (akhh aku pinter hahaaa)
Oh iya mungkin teman-teman bingung ada beberapa nama berwarna merah di bagan di atas itu artinya anak perempuan semua dalam satu keluarga. Ya, ayahku memiliki anak perempuan semua jadi bisa di bilang garis keturunannya di kemudian hari akan terhapus #kasian si ayah...:'(

Sekian,,, eh iya kata mbah wikipedia ini nich Tarombo Batak ialah silsilah garis keturunan secara patrilineal dalam suku bangsa Batak. Sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat suku bangsa Batak untuk mengetahui silsilahnya agar mengetahui letak hubungan kekerabatan terkhusus dalam falsafah Dalihan Natolu.

jadi buat teman-teman gak ada salahnya tau tarombo atau silsilah masing-masing itung-itung budayakan adat siapa lagi kalau bukan kita.. iya kan????
Warm Regard Jessica... ^^

20 komentar:

  1. bener-bener bingung, ruwet y ternyata panjanggggg critanya..kayaknya belajar semaleman blm tentu kelar, hehehehe.

    BalasHapus
  2. hahaha iya memang mbg..
    aku yang asli batak aja masih susah buat mengerti
    tapi klo d pelajari terus jd ngerti,,,
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal saya omp somuntul manahan laut no 18....panggil uda yah sama saya horas....

      Hapus
    2. Salam kenal saya omp somuntul manahan laut no 18....panggil uda yah sama saya horas....

      Hapus
  3. jes jes untung orang gresik g ada silsilahnya. g kebayang deh
    -,-

    BalasHapus
  4. hahhaaa
    menik menik...
    tapi asyik juga da gtunya jadinya jelas kita itu asal drmn.....
    hahaa :)

    BalasHapus
  5. salam kenal ito dari saya pomparan ni op. pijor

    BalasHapus
  6. salam kenal saya indra lesmana lumaban tobing,keturunan ke 15

    BalasHapus
  7. jika mau berkumpul.email saya di
    kopralindra3@gmail.com

    BalasHapus
  8. Salam kenal, saya risman ilham tobing, dari bapak dgn nama surya darma tobing dan kakek arifin tobing, Kira-kira saya no berapa ya

    BalasHapus
  9. Sattabi..
    Mau Nanyak,apa ada yang tahu tarombo mulai dari oppu:
    Namora hian
    |
    Si Raja Bonan Dolok
    |
    ?...
    Bls

    BalasHapus
  10. Sattabi..
    Mau nanyak,apa ada yang tahu
    Tarombo mulai dari oppu :
    Namora hian
    |
    Siraja bonan dolok
    |
    Namora sende
    |
    ?..
    Bls

    Mauliate..๐Ÿ™

    BalasHapus
  11. Namaku Ricou Lumban Tobing Op. Somuntul no 16

    Tinggal di Dumai Riau

    BalasHapus
  12. Salam kenal saya tidak tahu nomor berapa saya,,,saya di kasi gelar tonku jannas nauli katanya mengikuti kakek dari kakek saya atas nama johanes mohon infonya ya min,,,terimakasih/mauliate

    BalasHapus
  13. Salam kenal
    Mlo hami rangkea sipapagan

    BalasHapus
  14. charlestobing@gmail.com1 Agustus 2020 pukul 20.31

    Sy Charles Tobing dari keluarga Titipapan... klo gak salah salah... Tobing ke 19...salam kenal dari sy Cucu dari Opung Bungaran

    BalasHapus
  15. Tapi dari ribuan silsilah marga tobing yang aku lihat,generasi lumbantobing kedua,adalah,sariburadja itu anak ke dua,bukan anak pertama ..knp ini lain sendiri..

    BalasHapus
  16. Syaloom salam kenal saya tobing op sumuttul/ op bindu matoga no 16 saya tinggal di medan

    BalasHapus
  17. Kami pinompar oppung pautan, nggak ada lg terusannya๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    BalasHapus